Cara Menghemat Baterai Laptop

Cara Menghemat Baterai Laptop

Cara Menghemat Baterai Laptop - Di era modern ini laptop adalah salah satu kebutuhan untuk menunjang berbagai macam aktivitas, baik untuk kerja maupun dalam hal pendidikan. Tak jarang kita dituntut untuk menggunakan laptop dalam jangka waktu lama. Masalah yang sering terjadi adalah habisnya baterai laptop ketika dipakai dalam waktu lama, dan kita sedang berada di tempat yang tidak memungkinkan untuk melakukan charge laptop. Hal ini tentu akan membuat anda kebingungan, yang pada akhirnya membuat pekerjaan menjadi terbengkalai. Sebelum hal itu terjadi, anda harus melakukan antisipasi, yaitu dengan cara menghemat baterai laptop. Bagaimana caranya? Silahkan simak ulasan berikut ini.

Cara Menghemat Baterai Laptop

Cara Menghemat Baterai Laptop.

Mengatur Kontras Cahaya

Kontras cahaya pada laptop sangat berpengaruh terhadap daya tahan baterai. Jika cahaya laptop terlalu terang, maka otomatis baterai laptop akan cepat habis dan terkuras. Selain itu, cahaya yang terlalu terang juga bisa membahayakan bagi kesehatan mata. Sebaiknya atur cahaya menjadi lebih redup agar baterai bisa tahan lama dan mata anda juga tetap sehat.

Setting pada power saving

Caranya adalah dengan masuk ke control panel, lalu klik power option. Pada bagian turn off monitor, sesuaikan pilihan menjadi after 10 menit.

Software penghemat energi

Pada dasarnya semua laptop sudah memiliki software hemat energi, namun kekuatannya berbeda satu sama lain. Anda bisa memperbarui sistem software penghemat energi dengan cara mendownload di beberapa situs penyedia. Software ini akan membantu mematikan beberapa bagian laptop yang tidak diperlukan, sehingga daya tahan baterai akan semakin bagus.

Cabut baterai laptop jika sedang dipakai di rumah.

Jika anda menggunakan laptop di rumah, tentu tidak perlu khawatir kehabisan baterai karena bisa di charge dengan listrik. Sebaiknya cabut baterai laptop jika anda hendak menggunakan dalam jangka waktu yang lama. Hal ini bertujuan agar baterai laptop tersebut tetap dalam kondisi yang baik dan bisa lebih awet.

Itulah beberapa tips menghemat baterai laptop. Kini anda tidak perlu lagi khawatir akan kehabisan baterai laptop saat berpergian jauh. Aktivitas atau pekerjaan anda tidak akan terganggu sehingga bisa segera selesai dan dirampungkan.