Cara Membersihkan Cache Android

Cara Membersihkan Cache Android - Menginstall beragam aplikasi di smartphone Android merupakan hal yang biasa. Namun pernahkah Anda menyadari jika terlalu banyak aplikasi juga banyak menyimpan data sampah? Data ini berupa cache yang apabila tidak Anda bersihkan makan membuat kapasitas memori Anda semakin penuh.



Untuk itulah, kamu harus melihat masing-masing aplikasi untuk mengetahui besar kapasitas cache yang digunakan. Biasanya, kamu perlu melihat detil masing – masing aplikasi untuk mengetahui seberapa besar kapasitas cache yang digunakan.

Dikutip TeknoFlas dari Jalantikus, Kamis (29/8/2013), dengan menggunakan aplikasi 1Tap Cleaner Free, kamu dapat dengan mudah mengetahui semua cache aplikasi yang ada di smartphone Android kamu dan menghapusnya dengan mudah. Download aplikasinya di PlayStore.

Catatan : sebaiknya kamu tetap menyimpan cache untuk aplikasi yang sering digunakan agar dapat loading lebih cepat, seperti apps Twitter, atau Foursquare yang memiliki banyak image sehingga membutuhkan waktu untuk loading.

Buka apps tersebut dan tekan Cache Cleaner yang ada di bagian kiri. Kamu akan melihat informasi ukuran cache setiap apps.


Tekan/ tap pada nama apps yang ingin kamu bersihkan cache-nya.


Pada layar berikut, tap tombol Clear Cache di bagian bawah.


Opsional : Tekan/tap tombol Clear all cache files di bagian atas untuk membersihkan semua cache sekaligus


Aplikasi 1Tap Cleaner tidak memerlukan Rooting perangkat Android seperti kebanyakan aplikasi pembersih cache lainnya. Semoga aplikasi ini bermanfaat untu Android Anda.